RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
No. 001
/ 2020
Satuan
Pendidikan :
SMK Negeri 1 Kemangkon
Kompetensi Keahlian : Teknik
Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Kelas/Semester : XI TKJ / 1
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Materi Pokok : Kewirausahaan dan Membat Peluang Usaha
Pertemuan ke-
: 1-3
Alokasi Waktu : 3 x 45
menit
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran dengan pendekatan saintifik, menggali informasi, berdiskusi, tanya
jawab dan melakukan kegiatan identifikasi / analisis, diharapkan peserta didik
mampu dengan cerdas bepikir logis, kritis, kreatif dan inovatif :
1. Menjelaskan pengertian wirausaha dan kewirausahaan dengan
tepat
2. Menjelaskan karakteristik wiausahawan dengan tepat
3. Menjelaskan faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha
4. Mempresentasikan sikap dan perilaku wirausahawan yang
berhasil dengan benar dan jujur
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
|
Mengkondisikan HP maupun laptop serta koneksi
internet untuk pembelajaran kelas daring, member salam,melakukan presensi
siswa dan menanyakan kabar melalui Google Form, mengingatkan pentingnya
menaati protocol covid19 dimanapun berada, dan melakukan apersepsi
pembelajaran
|
KEGIATAN
INTI
|
Pertemuan
1
Guru meminta PD memperkenalkan diri masing-masing
menggunakan media daring WhatsApp dengan menugaskan PD membuat CV/riwayat
hidup PD dan kemudian dikirimkan ke email guru.
|
Pertemuan
2
Guru mengarahkan PD membaca dan menelaah materi e-book yang telah dibagikan melalui
media daring WhatApp, kemudian menugaskan peserta didik mengerjakan latihan
soal dari materi e-book, lalu
hasil pekerjan dikirimkan ke email guru.
|
Pertemuan
3
-
Guru mengarahkan PD untuk mengingat materi yang
dipelajari di pertemuan sebelumnya
- Guru membagikan link video wawancara dengan beberapa
wirausahawan melalui media daring Google Classroom, kemudian mengajukan pertanyaan
terkait pengamatan PD
- Guru menugaskan PD mengidentifikasi/menganalisis factor
keberhasilan kegagalan wirausahawan dan sikap benar dn jujur yang diambil
wirausahawan agar berhasil dari video wawancara tersebut, kemudian PD
menuliskan hasil pekerjaannya pada LKPD yang telah disediakan di media daring
Google Classroom.
|
PENUTUP
|
Mengarahkan PD menyimpulkan pembelajaran, melakukan
kegiatan refleksi tindak lanjut, selanjutnya menjadwalkan kegiatan remedial
dan pengayaan, memberikan pesan dan menyampaikan materi pada pertemuan
berikutnya, kemudian menutup pembelajaran dengan salam.
|
PENILAIAN
No
|
Aspek
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
1
|
Sikap
|
Pengamatan
aktivitas peserta didik pada saat proses pembelajaran :
·
Disiplin dilihat dari timestamp
saat mulai mengerjakan,
·
Kerja keras dan tanggung jawab dilihat
dari kelengkapan dalam mengerjakan soal/tugas
|
Rubrik
penilaian sikap observasi
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
Online di media daring Google Classroom
|
Soal
pilgan dan uraian
|
3
|
Keterampilan
|
Penugasan
(Lembar Kerja PD/LKPD) di media daring Google Classroom
|
Rubrik
penilaian praktek
|